Translate

Minggu, 02 November 2014

Masjid Raya Bayur (Bayua) Maninjau



Masjid Raya Bayur merupakan salah satu masjid tua yang terdapat di sekitar Danau Maninjau. Terletak di jorong kenagarian bayur, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatra Barat yang dibangun pada awal abad ke-20.
Untuk akses kesana pengunjung bisa menggunakan mobi, ataupun motor. Lokasi masjid ini tidak begitu jauh dari jalan raya yang menghubungkan Kota Lubuk Basung (Ibu Kota Kabupaten Agam) dengan Kota Bukittinggi.



Kalau jarak dari bukittingi sekitar 60 km, dan jarak dari lubuk basung (ibu kota kabupaten agam) 20 km. Sedangkan jarak dari Bandar udara Internasional Minangkabau (BIM) 96 km.
Pada awal tahun 2000 masyarakat setempat merenovasi mesjid secara menyeluruh. Keistimewaan mesjid ini setelah di renovasi, bangunan mesjid ini nampak indah dengan perpaduan dengan arsitektur pagota yang ada di thailand dan gonjong rumah gadang bagunan khas masyarakat minangkabau.


Pesona lain yang dapat di nikmati oleh pengunjung adalah hamparan indah pemandangan pesona danau maninjau. Sembari berkunjung ke mesjid raya bayur, para pengunjung juga bisa menyempatkan diri melihat dari dekat keindahan danau maninjau atau menyaksikan aktivitas para nelayan di kala pagi dan sore hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar