Translate

Senin, 27 Oktober 2014

Ngarai Sianok

1.    Ngarai Sianok


Tinjauan
Ngarai Sianok memiliki dua dinding yang hampir vertikal dan saling berhadapan. Tingginya sekitar 100 sampai 200 meter dan panjangnya sekitar 15 km. Dinding ini membentuk ngarai dimana Anda bisa melihat ladang padi yang luas dan sungai. Ngarai ini dipisahkan oleh Bukittinggi dan Gunung Singgalang.

Keindahan Ngarai Sianok dapat dilihat dari Taman Panorama di Bukittinggi atau Anda bisa juga pergi langsung ke Ngarai, yang merupakan area pemukiman dan ladang padi. Untuk menikmati pemandangan dari taman, para pengunjung bisa membayar biaya masuk sebesar Rp. 5.000 per orang. Selain keindahan ngarai, pengunjung juga bisa mengunjungi bunker Jepang yang berada di dasar ngarai. Ngarai Sianok adalah tempat terindah di Sumatra Barat, apalagi pada saat matahari terbit dan tenggelam.

Belanja
Deretan kios-kios yang menjual aneka cinderamata, seperti kaos, lukisan Ngarai Sianok, tas, kerajinan tangan, dan lain-lain dapat ditemui di bagian sebelah utara Taman Panorama.

Berkeliling
ika Anda ingin memanjakan mata Anda dengan menikmati keindahan Ngarai Sianok dari Taman Panorama, Anda bisa menggunakan Gazebo sambil melihat monyet-monyet yang bermain riang di sekitar taman. Ada sebuah menara dengan tinggi 20 meter dekat toko suvenir dimana Anda bisa melihat keindahan Ngarai Sianok lebih jelas. Alternatif lain, pengunjung bisa pergi dengan mengedarai mobil pribadi sepanjang 2 km  ke pemukiman kecil dan ladang padi di kaki Ngarai.

Transportasi

Ngarai  Sianok memiliki banyak sumber daya alam, maka tidak heran tanaman padi tumbuh subur di kaki ngarai Sianok. Berada sekitar 1 km barat daya Bukittinggi. Pengunjung dapat mengendarai mobil pribadi atau ado/andong (kereta tradisional) dari pusat kota ke Taman Panorama yang berada di jalan Panorama sambil menikmati udara yang sejuk di Bukittinggi.
Dari Bandara Internasional Minangkabau, Anda bisa menyewa mobil atau bus mini dari Padang ke Bukittinggi. Jarak dari Padang ke Bukittinggi adalah 90 km.

Kegiatan
Di Taman Panorama, pengunjung  dapat menikmati pamandangan indah  Ngarai sambil makan di Gazebo. Anda bisa mengambil  foto pemandangan  Ngarai yang memesona. Banyak potografer dan pelukis datang ke Ngarai Sianok untuk mengabadikan pemandangan indah hasil dari keajaiban alam ini. Taman ini juga memiliki teater mini untuk pertunjukan  kesenian lokal.
 Kuliner
Kios-kios di dalam taman hanya menjual makanan dan minuman ringan saja.  Namun di luar taman Anda bisa menemukan banyak restoran yang menjual nasi kapau Jadi jangan takut kelaparan.

Akomodasi


Penginapan di sekitar Ngarai Sianok mungkin saat ini tidak tersedia, namun anda bisa mengginap di Bukit tnggi yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Ngarai Sianok. Di Bukittinggi terdapat beberapa pilihan hotel seperti: Hotel Kharisma, Grand milano, Hotel Campago atau yang lumayan bagus Hotel Pusako. Disini juga banyak hotel melati yang aman, nyaman, murah, semua dekat dengan objek wisata. Tapi jika ingin menginap saat long weekend, sebaiknya Anda memesan terlebih dahulu.

Hotel Campago
Bintang 3
Jl. Cempaka No.1 Guguk Bulek Bukittinggi
0752-642420
0752-642585
Email : htlcampago@yahoo.co.id

Hotel Grand Malindo
Bintang 2
Jl. Panorama No.30 Bukittinggi
0752-625823
0752-624790
Email : grand_malindo@yahoo.com

Hotel Kharisma
Bintang 1
Jl. Jend. Sudirman No.57 Bukittinggi
0752-626900
0752-32025

Hotel Pusako
Bintang 4
Jl. Sukarno Hatta No.7 Bukittinggi
0752-32111
0752-32667

Tidak ada komentar:

Posting Komentar